Beranda Persalinan Bisakah Ibu Menyusui Minum Obat Batuk?

Bisakah Ibu Menyusui Minum Obat Batuk?

Batuk bisa menyerang siapa saja dan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor serta muncul kapan saja, termasuk saat menyusui. Tentunya kondisi ini bisa membingungkan bunda. Pastinya bunda harus pintar-pintar untuk memilih obat batuk, jika salah maka akan mempengaruhi ASI dan juga Si kecil.

Tak perlu khawatir bunda, karena bunda bisa mencoba cara alami untuk mengobati batuk, mau tahu apa saja itu? simak ulasan di bawah ya bunda.

Ganti dengan Obat Batuk Alami 

Kandungan yang ada di dalam obat batuk bisa mempengaruhi ASI, bahkan masuk ke dalam tubuh bayi. Namun, sebenarnya ada beberapa jenis obat batuk yang tergolong aman untuk dikonsumsi. Agar lebih aman dan jelas, pastikan untuk bertanya dan membicarakan hal ini pada dokter. Tujuannya untuk menghindari hal yang membahayakan produksi ASI. 

Jika bunda masih ragu dan enggan untuk mengonsumsi obat batuk saat menyusui, bunda bisa mencoba ganti dengan obat batuk alami. Nyatanya, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala batuk, misalnya dengan banyak minum air putih, cukup beristirahat, melakukan terapi uap, dan berkumur dengan air garam.

Batuk saat masa menyusui juga bisa diredakan dengan mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan madu dan perasan air lemon. Rutinlah konsumsi ramuan ini agar gejala batuk yang mengganggu bisa segera hilang. Namun, sebaiknya pastikan bunda tidak memiliki riwayat penyakit lambung, jika bunda memiliki riwayat lambung, maka bunda perlu berhati-hati saat mengonsumsi air lemon. Selain itu, ada berbagai jenis obat alami lain yang bisa dicoba untuk meredakan batuk, di antaranya:

  • Madu 

Obat alami ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala batuk. Caranya bunda bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya dengan air hangat.  Batuk selama menyusui juga bisa diatasi dengan mencampurkan madu dengan teh hangat dan perasan jeruk lemon. Rutin mengkonsumsi ramuan ini bisa membantu melegakan tenggorokan.

  • Nanas

Selain madu, mengonsumsi nanas juga bisa membantu bunda mengatasi gejala batuk. Buah nanas mengandung bromelain yang diduga dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan serta meredakan batuk.

  • Yogurt

Batuk menyerang saat menyusui? Cobalah untuk mengkonsumsi yogurt. Jenis minuman fermentasi ini dikenal memiliki kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik bermanfaat. Probiotik tidak bekerja langsung untuk menghilangkan batuk, tetapi probiotik dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga penyembuhan bisa terjadi segera. Konsumsi probiotik juga bisa membantu menyeimbangkan bakteri yang hidup di usus. Namun, ada baiknya bunda tidak konsumsi yogurt secara berlebihan karena bisa membuat dahak di tenggorokan semakin kental. 

Jika gejala batuk yang dialami tidak kunjung reda atau bahkan memburuk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Sebab, hal ini bisa mengganggu kenyamanan saat menyusui serta berisiko menularkan penyakit.