Beranda Persalinan Bolehkah Ibu Pengidap Herpes Menyusui?

Bolehkah Ibu Pengidap Herpes Menyusui?

Mungkin bunda sudah sering mendengar kata herpes. Yaitu penyakit infeksi menular seksual, atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan virus herpes simpleks atau HSV. Gangguan herpes ini digolongkan menjadi dua jenis, pertama virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1) dan yang kedua adalah virus herpes simpleks tipe 2 (hsv-2). HSV-1 biasanya menyebabkan herpes di mulut dan HSV-2 menyebabkan herpes genital.

Lalu apakah penyakit ini dapat menular? Atau bunda yang tengah menyusui dan terkena herpes dapat menularkannya ke Si kecil?. Untuk lebih lanjutnya, bunda bisa simak penjelasanya berikut.

Penyebab Herpes pada Payudara 

Munculnya herpes di kulit bunda akibat kontak langsung dengan pengidap herpes. Penting untuk diketahui bahwa, seseorang dapat menularkan herpes ke orang lain, meski penderita tidak menunjukan gejala atau lecet. Intinya, virus ini dapat muncul di kulit tanpa luka herpes yang terlihat jelas.

Munculnya herpes di payudara terlihat seperti benjolan kecil yang berisi cairan. Dalam beberapa kasus, pengidap herpes biasanya mengalami gejala mirip dengan flu saat terserang herpes. Jika penderita herpes merupakan penderita HIV, maka herpes yang terjadi akan lebih parah dan akan bertahan lebih lama, karena sistem kekebalan sedang mengalami gangguan.

Jika bunda mengalami herpes pada payudara, segeralah untuk pergi ke dokter. Karena herpes pada payudara bunda bisa menyerupai infeksi jamur atau bakteri ataupun saluran susu yang tersumbat.

Bolehkah Menyusui?

Saat bunda memiliki luka herpes di payudara, disarankan untuk tidak menyusui Si kecil secara langsung. Bunda masih bisa memberikan ASI ke Si kecil, dengan cara memerah atau memompa ASI dari payudara yang terinfeksi. Tetapi ada hal yang perlu bunda ingat, bagian pompa payudara yang menyentuh ASI tidak boleh bersentuhan dengan luka herpes. Jika bersentuhan, bunda harus membuang hasil perah tersebut.

Risiko Menyusui dari Payudara Dengan Luka Herpes

Bunda, ada resiko yang berbahaya, jika bunda menyusui Si kecil dari payudara yang terinfeksi. Kemungkinan Si kecil mengalami infeksi sistem saraf yang tentunya mengancam jiwa. Jadi, bunda harus menghentikan aktivitas menyusui saat bunda terinfeksi herpes pada payudara, agar menghindari kemungkinan resiko pada Si kecil.