Beranda Persalinan Cara Aman Mengobati Sakit Gigi Saat Menyusui

Cara Aman Mengobati Sakit Gigi Saat Menyusui

Mengalami sakit gigi di masa menyusui memanglah membingungkan, karena jika tidak diobati akan terasa sakit, tetapi jika meminum obat pereda sakit dapat mempengaruhi Si kecil lewat ASI. 

Hal seperti ini tentunya membuat bunda merasa tidak nyaman, oleh karena itu bunda harus mengetahui cara aman untuk mengobati sakit gigi saat menyusui lewat artikel berikut ini. 

Perawatan Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Menyusui

Jika bunda mengalami sakit gigi atau kerusakan gigi yang parah selama masa menyusui, mungkin dokter gigi akan menyarankan bunda untuk melakukan perawatan seperti melakukan tambalan atau saluran akar. Kemungkinan dokter gigi, juga meresepkan obat penghilang rasa sakit dan antibiotik yang membantu meredakan gejala infeksi gigi atau gusi.

Tapi satu hal yang perlu bunda ingat. Bunda perlu memberitahu dokter gigi jika bunda sedang menyusui, agar dokter dapat memberikan perawatan yang tepat. walaupun bunda ingin mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit atau obat herbal sekalipun, bunda harus mengkonsultasikan ke dokter gigi. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kesehatan Si kecil.

Akan tetapi, pada dasarnya, kebanyakan prosedur perawatan gigi terbilang aman bagi ibu menyusui. Namun, dokter gigi akan memberitahu bunda untuk menghentikan kegiatan menyusui sementara waktu, saat mengkonsumsi obat tertentu.

Berikut ini, beberapa prosedur perawatan gigi yang dinilai aman untuk bunda yang sedang menyusui, diantaranya:

  • Prosedur Gigi

Jika bunda perlu melakukan prosedur cabut gigi, maka dokter gigi akan memberikan bunda anestesi lokal seperti lidocaine. Obat bius yang disuntikan tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Sehingga bunda tidak perlu untuk menghentikan kegiatan menyusui, bunda dapat menyusui dengan aman setelah pulih dari anestesi dan nyeri pasca pencabutan

  • Sedasi dan Nitrous Oxide

Sebagian obat penenang baik sedasi dan nitrous oksida (gas penenang) yang digunakan selama perawatan gigi terbilang aman untuk bunda yang sedang menyusui. Karena penenang yang digunakan dalam perawatan gigi ini, tidak masuk kedalam aliran darah bunda, melinkan akan segera keluar dari tubuh dan pastinya tidak meresap kedalam ASI. 

  • Tes Diagnostik Gigi

Tes ini bertujuan untuk melihat seberapa parah kerusakan di gigi. Tes ini sama halnya dengan sinar X dan aspirasi jarum halus dan lainya. Semua itu tidak mempengaruhi produksi ASI secara negatif. ASI bunda masih terbilang aman setelah melakukan prosedur ini. 

  • Menggunakan Produk Gigi

Bagi bunda yang tengah menyusui dan menggunakan produk seperti gel mulut, obat kumur atau produk gigi lainya untuk mengatasi sakit gigi masih dengan aman untuk memberikan ASI. Karena obat kumur biasanya mengandung senyawa alami seperti menthol, yang dapat memberikan sensasi dingin serta dapat membantu meredakan rasa nyeri. 

Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Menyusui

Sebagian besar obat sakit gigi juga aman untuk bunda minum. Namun ada yang perlu bunda ingat, sebelum meminum obat apapun, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter gigi ya. Berikut ini beberapa jenis antibiotik yang paling umum, yang bisa bunda konsumsi untuk mengobati sakit gigi:

  • Amoksilin

Amoksilin atau juga bisa disebut dengan penisilin adalah obat untuk mencegah infeksi. Amoksilin sendiri aman untuk dikonsumsi bagi bunda yang tengah menyusui dan tidak menimbulkan efek buruk pada Si kecil.

  • Obat Kumur Lidocaine

Obat kumur lidokain tidak memberikan efek apapun kepada Si kecil. Tetapi jika bunda mengkonsumsi obat kumur lidocaine, bersama dengan obat lain seperti anestesi atau analgestik dapat menggagu proses menyusui. Jika bunda diresepkan obat kumur ini, baiknya bunda beritahu dokter gigi bahwa bunda tengah menyusui agar diberikan resep yang lain.  

  • Eritromisin

Eritromisin merupakan antibiotik yang diresepkan kepada bunda yang memiliki alergi terhadap penisilin. Eritromisin sama halnya dengan amoksilin, yaitu tidak memiliki efek samping. Tetapi bunda harus mewaspadai efek samping yang bisa saja terjadi pada Si kecil yang baru lahir, seperti diare dan ruam popok.  

Selain antibiotik, diatas bunda juga bisa memilih obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen (hanya digunakan untuk jangka pendek).