Beranda Persalinan Cara Menyusui Bayi Jika Puting Ibu Datar

Cara Menyusui Bayi Jika Puting Ibu Datar

Setelah melalui proses persalinan yang panjang, dan akhirnya Si kecil lahir. Namun, babak baru dalam hidup bunda baru akan dimulai, seperti memberikan Si kecil nutrisi lengkap dari ASI.

Namun ada banyak kasus, dimana puting bunda tidak menonjol saat menyusui. Lalu, bagaimana caranya agar proses menyusui tetap lancar meski puting tidak menonjol? Jawaban pertama bunda tidak boleh panik dan yang kedua, simak ulasanya diartikel berikut ya.

Cara Menyususi Si Kecil 

Bunda, setiap bentuk tubuh diciptakan berbeda-beda. Termasuk dengan payudara dan juga bentuk puting, mungkin sebagian lainya memiliki puting yang menonjol setelah melahirkan, namun sebagian lainnya tidak. Jika bunda termasuk yang memiliki puting datar, ada baiknya bunda tidak langsung panik. Saat bunda panik dan menjadi stres, hal ini akan berakibat pada keluarnya ASI juga loh.

Jadi bunda harus tenang dan berpikiran positif ya. Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengubah bentuk puting yang datar menjadi menonjol. Tanpa berlama-lama, berikut ini cara mudah menyusui bayi dengan bentuk puting datar:

  • Melakukan Stimulasi Puting

Cara untuk menstimulasi puting dengan cara menarik puting keluar secara perlahan. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menarik puting. Selain menariknya secara langsung, bunda juga dapat menstimulasi puting dengan menggunakan kain lembap yang dingin. Menstimulasi puting pun bisa bunda lakukan dengan melakukan teknik Hoffman. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Letakkan ibu dari dan jari telunjuk pada kedua sisi puting.
  2. Tekan jari ke arah dalam payudara.
  3. Regangkan area di setiap arah secara perlahan.
  4. Teknik yang satu ini dapat bunda ulangi sebanyak lima kali setiap pagi  
  • Memakai Nipple Shield

Nipple Shield merupakan alat yang sering digunakan untuk membantu membuat puting terasa lebih panjang. Pemakaian nipple shield dapat bunda lakukan agar bayi mau mengisap langsung pada payudara. Selain itu, nipple shield juga digunakan untuk membantu menstimulasi langit-langit mulut Si kecil untuk memicu refleks menghisapnya.

Menyusui dengan menggunakan nipple shield akan membantu puting lebih menonjol. Penggunaannya bisa bunda hentikan ketika Si Kecil telah menguasai teknik menyusui dengan baik. Meski begitu, keberhasilan proses ini akan tergantung pada kondisi jaringan puting bunda sendiri.

  • Mencoba Menggunakan Breast Shield

Kegiatan menyusui pada bunda dengan kondisi puting datar akan terasa semakin sulit saat payudara membengkak. Pasalnya, kondisi payudara akan kehilangan elastisitasnya sehingga puting akan semakin masuk ke dalam. Solusi yang bisa bunda lakukan adalah menggunakan breast shield guna melindungi puting yang sakit dan memperbaiki puting yang datar.

Breast shield merupakan alat bantu menyusui yang dipakai di dalam bra yang terbuat dari plastik. Alat bantu ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian belakang dengan lubang agar puting bisa menonjol ke luar, dan kubah bulat yang dipasang di dalam bra.

Alat bantu ini akan bekerja dengan merenggangkan puting dan membuatnya menonjol keluar secara perlahan. bunda tidak perlu memakainya setiap saat, cukup 30 menit sebelum menyusui sang buah hati.

Jika bunda memiliki puting datar, bunda tidak boleh berkecil hati. Selain tiga cara diatas, ada cara lain yang bisa bunda coba, seperti melakukan pompa ASI agar produksinya tetap sesuai dengan kebutuhan Si Kecil dan mencegah terjadinya mastitis karena payudara membengkak. Jadi, tetap semangat, ya, bunda.