Beranda Anak Cara Praktis Menyiapkan MPASI Saat Traveling

Cara Praktis Menyiapkan MPASI Saat Traveling

Selama masa kehamilan tentu banyak hal yang Bunda tunda agar janin tetap sehat dan selamat sampai persalinan. Salah satunya pergi liburan yang membutuhkan perjalanan panjang. Setelah anak lahir dan Bunda akan merencanakan liburan tentu Bunda juga perlu memperhatikan asupan yang dibutuhkan si kecil, terlebih saat si kecil telah memasuki masa MPASI. 

Bagaimana sih memberikan MPASI saat liburan, sedangkan Bunda harus jauh dari dapur? Kali ini halaman Bunda akan memberikan tips dan trik yang mungkin dapat Bunda lakukan saat masa liburan saat ini. 

Proses Perjalanan

Menuju tempat liburan tentu membutuhkan perjalanan dengan jarak tempuh yang berbeda-beda dan menggunakan kendaraan yang berbeda pula. Saat Bunda menggunakan perjalanan darat Bunda dapat memberikan makan sesuai dengan jam makannya di dalam kendaraan atau berhenti sejenak di tempat peristirahatan. 

Sedangkan Bunda yang liburan menggunakan perjalanan udara, pastikan Bunda menyiapkan susu untuk si kecil, terutama saat take off karena bunyi dengung pada telinga bayi akan membuatnya tidak nyaman, berikan saat pesawat take off dan juga saat terbang jika perjalanan jauh. 

Jika perjalanan udara tentu jam makan si kecil yang sudah MPASI akan berantakan, namun Bunda tidak perlu khawatir, hal tersebut dapat Bunda gantikan dengan pemberian susu di jam makannya. 

Menyiapkan cemilan 

Selain susu Bunda dapat menyiapkan cemilan yang kering, mudah digegem anak, dan tidak mudah basi. Makanan cemilan ini dapat menghilangkan rasa bosan pada anak dalam masa perjalanan. Selain itu juga dapat menggantikan sementara makanan padat si kecil. 

Bunda juga dapat menyiapkan makanan ringan yang direbus dengan tekstur yang lunak, yang dapat dimakan kapan saja, dan tidak mudah bau seperti telur rebus, kentang dll. 

MPASI yang mudah saat travelling

  • Buah 

Susu merupakan andalan pertama untuk si kecil saat bepergian, selain itu Bunda dapat memberikan buah yang mudah dimakan si kecil, yakni buah pisang. Siapkan buah pisang, sendok dan wadah di dalam tas makanan si kecil. Saat waktunya makan, Bunda dapat memberikan si kecil Buah pisang yang dihaluskan menggunakan sendok. Pastikan pisang yang manis ya Bunda. 

  • MPASI Instan 

Selain buah yang lunak dan mudah dalam proses pembuatannya, Bunda juga dapat memberikan si kecil makanan instan. Jika Bunda berkeinginan memberikan makanan homemade selama liburan memang sulit ya Bunda, namun selama liburan tidak masalah jika Bunda memberikannya makanan instan sementara. 

Perlengkapan yang perlu dibawa selama travelling

Bunda dapat menyiapkan alat untuk memberikan makanan si kecil selama liburan, berikut beberapa peralatan yang perlu Bunda siapkan, diantaranya : 

  • Penghalus makanan manual

Ini merupakan alternatif pilihan yang baik ya Bunda, karena Bunda dapat menghaluskan makanan dimanapun dengan mudah, dan jenis makanan apapun yang dapat dimakan si kecil dapat dijadikan makanannya selama liburan, dan haluskan dengan penghalus manual. 

  • Wadah makanan

Gunakan wadah makanan sendiri khusus untuk si kecil ya Bunda, agar tidak terkontaminasi dengan yang lain. 

  • Alat masak portable

Sesampainya di penginapan Bunda dapat mengolah makanan si kecil menggunakan alat masak ini ya Bunda, dan menghaluskannya menggunakan penghalus makanan manual. 

  • Kantong plastik kedap udara

Kantong ini dapat Bunda gunakan untuk menyimpan makanan yang telah matang atau sayuran yang ingin Bunda bekukan. Bagi makanan atau sayuran yang ingin dibekukan dengan bagian-bagian kecil, agar mudah saat akan digunakannya nanti. 

Selain menyiapkan makanan untuk si kecil selama liburan, Bunda juga harus memastikan kondisi Bunda dan bayi dalam kondisi prima ya, agar masa liburan lancar dan membahagiakan.