Beranda Kehamilan Dampak Dari Pola Hidup Tidak Sehat Selama Masa Kehamilan

Dampak Dari Pola Hidup Tidak Sehat Selama Masa Kehamilan

Hal yang harus disepakati saat bunda sedang mengandung adalah menjaga pola makan yang sehat dan juga penerapan pola hidup yang sehat. Tapi bagaimana jika bunda suka untuk makan sembarangan, suka begadang, suka untuk merokok, bahkan bunda juga suka minum minuman beralkohol selama kehamilan.

Bunda harus berhati-hati dengan pola hidup seperti itu, karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan bunda dan bayi dalam kandungan. Tanpa disadari, bunda memiliki resiko yang akan muncul seperti masalah kesehatan dan dapat mengganggu tumbuh kembang serta kesehatan bayi. Dan kemungkinan Si kecil bisa mengalami obesitas, hipertensi dan diabetes bunda.

Dampak yang mengintai bunda dan Si kecil dalam kandungan jia bunda terus melakukan pola hidup tidak sehat ini adalah:

  • Kekurangan Nutrisi

Saat bunda membawa kebiasan buruk, seperti makan makanan cepat saji dapat membuat bunda kekurangan gizi tertentu. Bukan hanya kekurangan gizi, bunda juga bisa mengalami peningkatan berat badan secara berlebihan selama kehamilan. 

  • Diabetes dan Hipertensi

Mungkin bunda suka mengkonsumsi makanan atau minuman dengan rasa manis dan asin, atau bunda suka mengkonsumsi makanan kaleng ataupun makanan beku selama masa kehamilan dapat membuat bunda mengalami diabetes dan hipertensi lho.

Biasanya diabetes akan muncul setelah persalinan. Selain itu, bayi dalam kandungan bunda juga beresiko untuk lahir prematur, atau terlahir dengan berat badan berlebihan, memiliki gangguan pernapasan atau hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Sedangkan hipertensi di masa kehamilan dapat membuat bunda beresiko mengalami gangguan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), dan juga, Si kecil dapat terlahir secara prematur atau berat badan yang rendah.

  • Perkembangan Janin Terhambat

Jika bunda memiliki kebiasaan begadang selama kehamilan itu bukanlah kebiasaan yang baik. Karena kebiasaan begadang atau kurang tidur selama masa kehamilan, dikaitkan dengan kemunculan penyakit diabetes gestasional dan preeklampsia.

Kurangnya istirahat atau kurang tidur dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan Si kecil dalam kandungan bunda terhambat. 

  • Bayi Cacat

Kalau bunda masih suka merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol atau menggunakan narkoba selama hamil, bunda hentikan kebiasaan buruk itu ya. Itu bukan lah kebiasaan yang memiliki resiko fatal bagi perkembangan janin dalam kandungan bunda

Apakah bunda tahu, apa yang terjadi pada Si kecil saat kebiasaan ini terus berlanjut? Kehamilan bunda pastinya dalam bahaya, yaitu kemungkinan resiko terjadinya keguguran , bayi terlahir prematur, Si kecil lahir dengan berat badan yang rendah dan kemungkinan terburuknya bayi bunda bisa terlahir cacat

Setiap tindakan dan kebiasaan yang bunda lakukan memiliki resiko. Apalagi kebiasaan buruk bunda tetap bertahan selama masa kehamilan, hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan bunda serta Si kecil dalam kandungan. Baiknya bunda hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang, dan terapkan pola hidup sehat agar Si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, saat dirinya lahir kedunia dengan keadaan sehat.