Beranda Fakta dan mitos Fakta atau Mitos, Larangan Memakan Nanas Saat Hamil?

Fakta atau Mitos, Larangan Memakan Nanas Saat Hamil?

Makan makanan masam selama kehamilan pasti menyegarkan bagi bunda, apalagi rujak dengan ekstrak buah nanas, sudah pasti menyegarkan bukan. Masalahnya terdapat mitos yang mengatakan kalau makan buah nanas bisa menyebabkan keguguran. Benar tidak sih, makan buah nanas bisa menyebabkan keguguran? 

Nah, untuk tahu lebih lanjut bunda simak ulasannya berikut ini ya!

Bisa Memicu Prematur dan Keguguran

Tahukah bunda, jika sampai saat ini belum ada bukti secara ilmiah buah nanas menyebabkan keguguran atau berbahaya bagi kehamilan. Akan tetapi kandungan enzim bromelain dalam nanas bisa memicu masalah pada kehamilan bunda. 

Alasanya, enzim bromelain memiliki sifat proteolitik, yang artinya bisa memecah protein didalam tubuh. Tak hanya itu, bromelain memicu kontraksi, yang dikhawatirkan bisa menyebabkan perdarahan, bahkan keguguran.

Ada hal yang perlu bunda garis bawahi, kalau jumlah bromelain dalam nanas sangat kecil. Jadi untuk memicu kontraksi atau melunaknya leher rahim, bunda perlu memakan buah nanas sebanyak delapan buah. Dengan kata lain, mengonsumsi nanas dalam jumlah sedikit atau batas wajar tidak akan menyebabkan pendarahan atau keguguran.

Selain membuat kontraksi karena makan buah nanas kebanyakan, ada hal lainya yang dapat dirasakan jika kebanyakan makan buah nanas, diantaranya: 

  • Gangguan Pencernaan

Rasa masam pada buah nanas bisa membuat bumil merasa mulas atau refluks (meningkatnya asam lambung). Jadi bagi bunda yang memiliki maag, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas ya. Dalam beberapa kasus,  buah nanas juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan serta memicu terjadinya diare. Nah, untuk menghindari efek samping itu, cobalah konsumsi nanas dalam jumlah yang sedang atau wajar.

  • Alergi

Jika bunda belum pernah atau jarang mengkonsumsi buah nanas, ada baiknya bunda perlu berhati-hati ketika memakan buah yang satu ini. Sebab ada kemungkinan bunda memiliki alergi pada buah nanas. Gejala alergi yang timbul bisa berupa gatal atau bengkak pada bagian mulut, asma, hidung tersumbat atau berair, gangguan pernapasan, hingga kemerahan atau gatal pada kulit.

  • Berdampak Buruk Bagi Kulit Si Kecil

mengkonsumsi buah nanas bagi bunda yang tengah mengandung, diduga memicu masalah pada kulit bayi. Mengonsumsi nanas yang dihidangkan panas bisa berdampak buruk pada kulit bayi, atau bahkan memicu alergi. Alasannya, nanas yang disajikan panas bisa mengeluarkan racun yang memicu dua kondisi tersebut

kesimpulannya, bunda tetap  bisa mengkonsumsi buah nanas asalkan dalam takaran yang wajar. Hmm, lantas seberapa banyak sih porsi harian buah nanas yang boleh dikonsumsi bumil?

Jangan Asal, Perhatikan Takarannya

Karena buah nanas memiliki enzim bromelain yang dapat memicu kontraksi, ada baiknya bunda yang sedang hamil tidak mengkonsumsi 7—10 buah nanas dalam sekali makan, untuk membuat zat ini berubah menjadi sesuatu yang berbahaya bagi bumil.

Ada manfaat yang bisa bunda dapatkan jika mengkonsumsi buah ini secara wajar, yaitu bunda akan mendapatkan vitamin C, folat, zat besi, magnesium, hingga vitamin B6 loh dalam buah nanas.

Selain manfaat vitamin C, folat, zat besi, dan magnesium pada buah nanas. Nanas juga bisa memperlancar proses persalinan, mengurangi rasa cemas yang bunda alami, mempercantik kulit, serta memberi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bunda. Namun, lagi-lagi harus diingat porsinya. Ringkas kata, jangan berlebihan ya bunda.