Beranda Kehamilan Ibu Hamil Puasa, Coba 5 Menu Berbuka Sehat Ini

Ibu Hamil Puasa, Coba 5 Menu Berbuka Sehat Ini

Datangnya bulan Ramadhan yang hanya satu kali dalam setahun, mungkin membuat bunda yang tengah hamil tidak ingin melewatkan ibadah wajib bagi umat muslim ini. momen yang paling ditunggu-tunggu ini memang sayang untuk dilewatkan. Akan tetapi, bagi bunda yang tengah mengandung, sebenarnya memiliki kelonggaran untuk tidak menjalani puasa.

Namun, jika bunda tetap ingin menjalankan ibadah puasa, sebaiknya perhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi, terutama saat berbuka. Pasalnya, setelah hampir seharian menahan lapar dan haus saat berpuasa, ada kemungkinan seseorang akan “kalap” dan sembarangan dalam mengkonsumsi hidangan buka puasa. Jadi bunda perlu melakukan kontrol jenis makanan yang akan bunda konsumsi, agar bunda dan juga janin yang ada dalam tetap sehat. Lantas, apa saja jenis makanan sehat yang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa bagi bunda yang tengah hamil? Bunda bisa simak ulasanya dibawah ini.

Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa 

Berikut ini menu sehat yang bisa bunda coba untuk berbuka, diantaranya:

  • Kurma dan Air Putih

Untuk menghindari gangguan kesehatan pada bunda yang tengah hamil, sebaiknya saat berbuka bunda terlebih dahulu untuk mengkonsumsi segelas air putih hangat dan dilanjutkan dengan beberapa butir kurma. Apakah bunda tahu, jika buah kurma yang memiliki rasa manis, bisa menaikkan gula darah dengan cepat, sehingga tubuh akan segera mendapatkan energi setelah berpuasa. Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan ya bunda, cukup dua sampai tiga butir saja dan bunda bisa melanjutkan nya dengan menyantap hidangan berbuka puasa lain.

  • Jus Buah 

Menu sehat selanjutnya adalah jus buah. Kandungan yang ada dalam buah, dapat membantu menjaga kesehatan bunda dan juga Si kecil yang ada dalam kandungan. Pastikan bunda tidak menambahkan gula terlalu banyak dalam jus, atau bunda jangan menggunakan gula sama sekali. Pilih jenis buah yang banyak mengandung serat dan bisa mengenyangkan, misalnya buah mangga dan apel.

  • Nasi Merah 

Jika bunda adalah tipe yang langsung menyantap makanan besar saat berbuka. Bunda bisa memilih nasi merah sebagai menu berbuka puasa. Sebab, nasi merah merupakan jenis makanan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi. Selain nasi merah, jenis makanan lain yang juga bisa memberi asupan karbohidrat kompleks adalah oatmeal dan roti gandum.

  • Semur Ayam

Untuk melengkapi asupan karbohidrat, bunda bisa memilih protein nabati atau hewani sebagai pendamping. Jenis protein yang bisa bunda coba seperti, makanan yang mengandung ikan, telur, dan tahu sebagai menu buka puasa sehat.

  • Sayur dan Buah 

Jelain protein, bunda juga membutuhkan serat agar menu sehat berbuka bunda menjadi lebih sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan, selain kaya akan vitamin dan mineral, sayur dan buah kaya akan kandungan serat, sehingga bisa menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan bunda.

Sekian menu sehat berbuka yang bisa bunda coba, namun selalu pastikan kebutuhan bunda dan juga Si kecil dalam kandungan terpenuhi. Jika bunda mengalami masalah kesehatan saat berpuasa jangan lupa untuk melakukan konsultasi ke dokter.