Beranda Persalinan Ibu Menyusui Bolehkah Melakukan Vaksin Flu?

Ibu Menyusui Bolehkah Melakukan Vaksin Flu?

Vaksin diberikan pada bunda yang menyusui? Tentu saja bisa bund, pemberian vaksin bukan hanya untuk anak-anak saja kok. Saat menyusui, pemberian vaksin sangatlah penting. Hal ini untuk membuat antibodi yang bunda produksi bisa dikeluarkan bersama dengan ASI.

Apalagi saat bunda mendapatkan vaksin flu yang bisa melindungi bunda dari penyakit flu dan pemberian vaksin ini juga dapat melindungi Si kecil dari penyakit flu, karena antibodi yang dihasilkan bunda dikeluarkan melalui ASI. Bunda ingin tahu apalagi manfaat dan kegunaan dari vaksin flu? Serta bagaimana sih cara kerja vaksin ini? berikut ulasanya.

Mengapa Vaksin Flu Penting?

Mungkin bunda beranggapan bahwa penyakit flu, merupakan penyakit yang ringan. Tetapi, bagi beberapa orang penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi. Kemungkinan komplikasi yang terjadi adalah pneumonia, gangguan sistem saraf pusat, dan gangguan jantung seperti miokarditis maupun serangan jantung

Untuk menghindari komplikasi terburuk, sebaiknya melakukan pencegahan dengan mendapatkan vaksin flu. Pemberian vaksin ini bisa bunda dapatkan di trimester ketiga kehamilan dan biarkan Si kecil mengkonsumsi ASI selama 14 minggu, sehingga menurunkan resiko penyakit saluran napas. 

Cara Kerja Vaksin Flu

Vaksin sendiri membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk bekerja dan menciptakan antibodi dalam tubuh. Pemberian vaksin ini sendiri direkomendasikan bagi:

  • Anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun
  • Orang lanjut usia atau lebih dari 65 tahun
  • Ibu hamil
  • Pengidap penyakit kronis
  • Pekerja medis

Bagi bunda yang memiliki alergi terhadap telur disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu, karena vaksin flu sendiri mengandung telur didalamnya agar vaksin lebih bermanfaat dan aman.

Selain itu bagi orang yang sedang sakit berat, tidak dianjurkan menerima vaksin, apalagi penderita pernah mengalami reaksi alergi terhadap vaksin flu sebelumnya, atau pernah mengalami sindrom Guillain-Barre pasca menerima vaksin flu.