Beranda Anak Ini Cara Mengatasi Anak Yang Kesulitan Tidur Setelah Imunisasi

Ini Cara Mengatasi Anak Yang Kesulitan Tidur Setelah Imunisasi

Salah satu cara memberikan kekebalan kepada Si kecil adalah imunisasi. Pemberian imunisasi dilakukan selama 5 hingga 6 tahun di awal kehidupanya. Namun tak jarang anak akan mengalami sulit tidur akibat imunisasi, dan membuat bunda menjadi stres. 

Apakah anak mengalami sulit tidur merupakan efek samping dari imunisasi? Jika hal itu memang benar, bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui benar tidaknya, bunda bisa simak ulasanya dibawah ini. 

Benarkah Vaksin Mempengaruhi Tidur? 

Banyak sekali pertanyaan terkait dengan susah tidur pada anak sehabis imunisasi, pertanyaan ini umumnya datang dari para bunda yang merasa kewalahan. Secara umum pemberian vaksin dan imunisasi dapat mempengaruhi waktu tidur Si kecil seperti penyakit lainya. Dalam beberapa kasus Si kecil mungkin lebih cepat mengantuk dan tidur lebih lama dari biasanya. Namun, sebagian lainya mungkin juga terbangun lebih sering dari biasanya.

Alasan lainya kenapa Si kecil mudah terbangun dalam tidurnya, karena rasa nyeri pada area yang disuntikan atau juga Si kecil mendapatkan demam ringan. Walau imunisasi atau vaksin pada Si kecil menimbulkan efek samping, tetapi pemberian imunisasi lengkap merupakan hal yang baik, selain itu efek samping setelah imunisasi sebenarnya pertanda baik. Hal ini berarti sistem kekebalan Si kecil merespons suntikan.

Cara Agar Bayi Bisa Tidur Setelah Imunisasi

Mungkin banyak yang menyarankan bunda untuk memberikan Si kecil parasetamol atau asetaminofen setelah imunisasi. Tetapi hal ini sebenarnya dapat menyebabkan tubuh Si kecil menghasilkan lebih sedikit antibodi penangkal penyakit, yang berarti vaksinasi yang disuntikan pada akhirnya menjadi kurang efektif. 

Pemberian obat penghilang rasa sakit tidak disarankan, maka ada beberapa tips untuk menenangkan Si kecil setelah imunisasi:

  • Buat  Si kecil Merasa Tenang

Membuat Si kecil menjadi nyaman dengan membuat rasa tenang, menggendong atau mengayunkan Si kecil, agar mereka merasa lebih tenang dan bahagia. Cara ini dapat menurunkan stres pada Si kecil yang habis disuntik, selain itu cara ini juga efektif membuat Si kecil cepat tertidur.

  • Menyusui Si Kecil

Meningkatkan intensitas pemberian ASI pada Si kecil setelah imunisasi, bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan Si kecil loh bunda. Jadi saat Si kecil rewel dan lebih sering bangun dari bisanya, tawarkan banyak makanan.

  • Membuat Kontak dari Kulit ke Kulit

Membuat kontak dari kulit ke kulit merupakan cara terbaik untuk menenangkan Si kecil yang lelah, terutama untuk Si kecil yang baru lahir atau bayi kecil.

  • Menjadwalkan Imunisasi di Siang Hari

Tahukah bunda kalau Si kecil yang berusia 2 bulan yang menerima suntikan di sore hari tidurnya akan terasa lebih baik daripada Si kecil berusia 2 bulan yang menerima imunisasi di pagi hari. Jadi, cobalah menjadwalkan vaksinasi di atas jam 1 siang sebagai langkah untuk membuat Si kecil tetap bisa tidur nyenyak.