Beranda Konsepsi Jangan Ketipu Hoax Tentang Kontrasepsi, Ini Cara Mengetahuinya

Jangan Ketipu Hoax Tentang Kontrasepsi, Ini Cara Mengetahuinya

Hoax dapat bertebaran dan ditemukan dimana-mana, salah satunya tentang kontrasepsi. Hoax sendiri merupakan berita yang tidak berdasarkan dengan fakta dan juga keliru. IUD merupakan alat kontrasepsi yang sering kali dihinggapi berita hoax. 

Jika tidak bunda tidak mendapatkan penjelasan yang benar terkait IUD, bunda bisa tersesat dalam pemberitaan yang ada. Untuk mencegah hal tersebut, yuk kenali IUD yang sebenarnya lebih dalam melalui artikel ini.

Mengenal lebih dalam tentang IUD

IUD ini merupakan singkatan dari intrauterine device atau alat kontrasepsi dalam rahim. Hoaxnya bermacam-macam, mulai dari IUD bisa berpindah ke organ tubuh lain, hingga bayi yang lahir dengan memegang IUD.

Intrauterine device atau yang lebih akrab disebut IUD, adalah alat kontrasepsi yang dipasang didalam rahim. Memang IUD dipasang didalam rahim atau di dalam tubuh bunda, tetapi tidak benar jika IUD bisa berpindah tempat, seperti berpindah ke organ tubuh lainya atau bati bunda yang lahir dapat memegang IUD.

Itu bukanlah berita yang benar terkait IUD. Saat IUD dipasang dalam rahim bunda, IUD akan tetap berada disana. Bunda tidak perlu takut tentang berita “unik” yang berteberan. Lalu bagaimana caranya bunda bisa mengenali berita tersebut benar atau hoax? Bunda tidak perlu khawatir karena kita punya tisnya untuk bunda, seperti:

  • Perhatikan Judulnya 

Mau berkata apapun, tema apapun, jika menggunakan judul yang dramatis atau terdengar mengerikan, merupakan salah satu ciri berita hoax. Apalagi jika bunda sebagai pembaca, diminta untuk menyebarkan artikel tersebut. Hal yang perlu bunda ingat, terkadang beberapa situs terpercaya pun suka memberikan judul dramatis, tujuanya adalah untuk menarik pembaca. Sehingga bunda perlu mencermati isi beritanya ya.

  • Amati dengan cermat isi penjelasan

Agar bunda tahu apakah ini hoax atau tidak, bunda dapat membaca isi penjelasanya dengan teliti. Daripada berita umum, hoax terkait dengan kontrasepsi bisa dibedakan dengan mudah, karena merupakan hal medis yang bisa dijelaskan secara ilmiah

  • Cari berita pembanding

Maksudnya, bunda bisa mencari berita sejenis dan membandingkan isinya jika bunda masih ragu akan fakta yang tertulis di dalamnya. Bunda bisa cari sebanyak mungkin artikel atau kasus yang serupa di mesin pencari.

  • Melakukan konsultasi ke Dokter 

Cara ampuh lainya yang bisa bunda coba, jika bunda tidak percaya dengan penjelasan dalam artikel adalah melakukan konsultasi pada dokter atau bidan. Bunda bisa bertanya sebanyak mungkin pada dokter atau bidan tentang alat kontrasepsi yang bunda gunakan aman atau tidak.

Kalau Bukan Hoax, lalu Bagaimana?

Hal yang perlu bunda ingat adalah, penggunaan alat kontrasepsi tidak selalu sukses menunda terjadinya pembuahan. Walaupun adanya kegagalan, tetapi angkanya sangat kecil. Apalagi bagi bunda yang memilih IUD, bunda perlu melakukan kontrol untuk mengecek posisi IUD. Tujuannya, agar segera dapat diambil tindakan jika posisinya tidak benar dan membahayakan. 

Bukan hanya itu, bunda juga tidak boleh lupa, kalau kondisi setiap perempuan itu berbeda beda ya bunda, sehingga reaksi tubuh terhadap setiap alat kontrasepsi berbeda. Jadi budan bisa berdiskusi dengan dokter atau bidan yang bunda percaya untuk menentukan alat kontrasepsi yang cocok untuk bunda.