Beranda Keluarga Kebijakan WFH (Work From Home) Bermanfaat Untuk Keluarga, Meski Sulit!

Kebijakan WFH (Work From Home) Bermanfaat Untuk Keluarga, Meski Sulit!

Perubahan perilaku yang terjadi di masa pandemi seperti saat ini, merupakan suatu hal baru. Banyaknya kegiatan yang dilakukan dari rumah seperti bekerja dari rumah, atau yang biasa kita kenal dengan work from home (WFH). Hal tersebut merupakan salah satu langkah yang diambil menjadi kebijakan baru, kegiatan bekerja dari rumah diharapkan menjadi salah satu langkah yang tepat untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Apakah Ayah dan Bunda tahu, jika, kegiatan bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan. Manfaat atau keuntungan yang dapat kita ambil dari kondisi WFH di masa pandemi adalah meningkatkan momen kekompakan bersama pasangan, atau mempererat ikatan hubungan antara orang tua dan anak. Walau, kondisi WFH terkesan merepotkan, tetapi banyak sisi positif yang dapat kita ambil, berikut ulasan lengkapnya!.

Manfaat Menjalani WFH bagi Keluarga 

Melakukan WFH bukanlah perkara yang mudah bagi kebanyakan orang, karena saat melakukan WFH diperlukannya beberapa fasilitas untuk menunjang pekerjaan, seperti, fasilitas internet yang lancar dan tempat atau ruangan untuk bekerja, serta hal lainya yang diperlukan saat melakukan WFH.

Namun, dari banyaknya hal kekurangan dari pelaksanaan WFH, ternyata kegiatan ini juga mengandung hal positif atau manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan ini. Yaitu membuat waktu yang berkualitas bersama keluarga. Nah, berikut keuntungan yang bisa kita raih saat menjalani WFH. 

1.Orang Tua Memiliki Banyak Waktu Dengan Anak

Melakukan pekerjaan dari rumah membuat orang tua memiliki peluang waktu lebih banyak dengan anak-anaknya, apalagi jika anak-anak tersebut dalam usia sekolah. Orang tua dapat melakukan pendampingan kepada anak-anaknya saat mereka sedang melaksanakan kegiatan sekolah dari rumah.

Apakah bunda tahu, jika menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya, meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka dan meningkatkan ikatan emosional antara orang tua dan anak semakin kuat.

2.Menghemat Pengeluaran Bulanan

Selanjutnya keuntungan yang didapat ketika menjalankan WFH yaitu dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan. Dengan WFH pengeluaran biaya bulanan untuk transportasi , makan siang dan biaya lainya dapat berkurang. Sehingga bisa mengalokasikan biaya tersebut untuk ditabung atau untuk keperluan lainnya.

3.Meningkatkan Hubungan Emosional dengan Pasangan

Peningkatan hubungan emosional bukan hanya antara orang tua dan anak, tetapi juga dengan pasangan. Melakukan kerjasama dengan pasangan, baik dalam menyelesaikan pekerjaan kantor atau berbagi tugas dalam pekerjaan rumah, membentuk kekompakan kalian akan meningkat.

Dengan terjalinnya komunikasi yang intens saat Ayah dan Bunda melakukan WFH, seperti membagi tugas pekerjaan. Maka, Ayah dan Bunda dapat mengerti tentang beban dan tugas masing-masing. Dengan demikian, Ayah dan Bunda bisa menekan konflik yang mungkin terjadi akibat kesalahpahaman yang timbul antar pasangan.

4.Banyak Waktu untuk Melakukan Olahraga

Meningkatkan imunitas di masa pandemi saat ini, merupakan hal yang harus kita miliki. Berolahraga merupakan salah satu caranya untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mendapatkan tubuh yang bugar, lalu bagaimana kita berolahraga jika tempat seperti gym mendapatkan pembatasan pengunjung? Jawabannya adalah dengan memanfaat waktu luang yang didapat dari WFH.

Bunda bisa melakukan olahraga ringan dengan memanfaatkan 20-30 menit setiap harinya sebelum melaksanakan WFH bersama anggota keluarga. Bunda juga dapat melihat tutorial olahraga ringan melalui media sosial atau media lainya. Dengan demikian, Bunda dan keluarga dapat menjadi sehat dan secara bersamaan Bunda dan Keluarga juga telah ikut membantu untuk memutus mata rantai penularan dari kerumunan.

5.Meningkatkan Kemampuan Diri Sendiri

Bukan berarti WFH menjadikan diri kurang produktif, melalui WFH kita bisa meningkatkan dan mengembangkan keterampilan serta berusaha memenuhi kebutuhan secara mandiri.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Bunda dan keluarga dapatkan saat melakukan WFH. Ingat selalu untuk mematuhi protokol kesehatan bagi kalian yang harus bekerja keluar dan ingat selalu untuk menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak aman.