Beranda Keluarga Keluarga Alami Demensia, Ini Cara Merawatnya

Keluarga Alami Demensia, Ini Cara Merawatnya

Dimensia? Apa Sih maksudnya? Dimensia merupakan kondisi seseorang kehilangan kemampuan kognitif, fisik dan fungsionalnya. Jika anggota keluarga bunda mengalami kondisi ini, maka diperlukan perawatan yang penuh tantangan. Kebanyakan penderita akan mengalami stres, depresi, dan kelelahan, dan rata-rata mereka akan mengalami kesedihan, kecemasan, kesepian dan kelelahan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika anggota keluarga bunda mengalami demensia? Seperti apa sih perawatannya? Berikut ulasanya untuk bunda simak.

Tantangan untuk Para Caregiver

Memiliki anggota keluarga dengan demensia dan memberikan perawatan untuk mereka, memang menjadi pengalaman yang emosional. Bukan hanya mereka yang mengidap demensia menjadi tidak mandiri, sehingga membuat bunda merasa sedih.

Apalagi jika penyakit ini berkembang, membuat pengidap demensia memerlukan kebutuhan yang lebih dan tanggung jawab atas perawatanya semakin kompleks. Tantangan dalam perawatan keluarga dengan demensia seperti:

  • Emosi luar biasa karena kemampuan orang yang dicintai mengalami penurunan
  • Kelelahan yang luar biasa
  • Isolasi dan kesepian
  • Masalah keuangan dan pekerjaan

Saat bunda menghadapi situasi seperti ini, bunda perlu melakukan beberapa hal untuk memaksimalkan perawatan sekaligus menjaga emosi bunda agar tetap stabil. Ada beberapa cara untuk menjaga emosi bunda tetap stabil, salah satunya:

Menyusun Rencana Perawatan

Bukan Hanya sekedar memberikan perawatan, tetapi bunda perlu menyusun rencana perawatan. Rencana ini termasuk metode perawatan, biaya perawatan, siapa saja yang terlibat, serta detail lainnya yang memerlukan pengetahuan mengenai penyakit demensia itu sendiri. 

Mendapatkan Bantuan

Bukan hanya pengidap demensia yang memerlukan bantuan dan dukungan, para penjaga atau caregiver juga perlu juga membutuhkan dukungan fisik. Saat bunda merawat penderita demensia, bunda tidak bisa melakukanya sendirian. Bunda perlu memerlukan bantuan dari anggota keluarga, teman, atau organisasi sukarela lainya uang akan membantu beban pengasuhan sehari-hari. Jadi bunda jangan lupa untuk prioritaskan kesehatan bunda juga ya. 

Mempelajari Keterampilan Perawatan yang Baik

Beradaptasi dengan perubahan merupakan langkah yang baik, tujuannya agar pola perawatan yang diberikan senantiasa mumpuni. Bunda bisa memperbanyak sumber seperti tips, rekomendasi perawatan, mengikuti pelatihan, dan juga mengajarkan keterampilan merawat pengidap demensia.

Bergabunglah dengan Grup Pendukung

Bergabung dengan komunitas juga bisa menjadi cara bunda memandang situasi menjadi berbeda. Mendapatkan perspektif yang berbeda bisa membantu bunda untuk tidak cepat putus asa, karena bunda tidak mengalami ini sendiri. Saling membagi dan memberi semangat bisa membantu mengurangi rasa terisolasi, takut dan putus asa.

Tetap Aktif Bergerak

Bukan hanya penderita demensia yang membutuhkan olahraga. Tetapi juga bunda sebagai caregiver perlu tetap aktif bergerak. Dengan olahraga teratur, tubuh bunda pastinya menjadi bugar dan meningkatkan suasana hati. Bunda bisa melakukanya bersama penderita demensia untuk menerapkan teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan, meditasi atau yoga dan usahakan untuk menjadwalkan 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. 

Curhat 

Untuk membuat bunda tetap “waras” akibat tingkat stres, bunda bisa meminta saran atau masukan positif dari teman, anggota keluarga, ataupun sosok yang tentunya bisa dipercaya.