Beranda Persalinan Ketahui Penyebab Terjadinya Biduran Pada Bunda Menyusui

Ketahui Penyebab Terjadinya Biduran Pada Bunda Menyusui

Rasa gatal yang menyengat kulit atau juga bisa dikatakan biduran bisa menjadi masalah siapa saja, apalagi bunda yang tengah menyusui. Jika hal ini terjadi dan bunda biarkan, maka akan memiliki dampak buruk dan sulit untuk disembuhkan. Karena rasa yang ditimbulkan tidaklah nyaman, ada baiknya bunda menghindari segala penyebab biduran pada bunda yang tengga dalam masa menyusui. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Penyebab Biduran pada Ibu Menyusui

Tak sedikit bunda yang baru saja melahirkan hanya fokus pada sang buah hati dan melupakan perawatan diri, wajar saja bunda seperti itu karena hal ini merupakan dunia baru bagi bunda. Tak hanya perubahan dunia bagi bunda, perubahan hormon yang dialami bunda setelah melahirkan membuat bunda lebih rentan dengan mengalami beberapa penyakit, salah satunya adalah biduran. 

Kondisi ini disebabkan karena alergan yang menghasilkan protein yang disebut dengan histamin, lalu dilepaskan ke aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan sistem kekebalan menimbulkan reaksi negatif. Akibatnya, reaksi negatif berupa kulit merah dan gatal di berbagai bagian tubuh terjadi, yang disebut juga dengan biduran.

Biduran pada bunda yang menyusui tercatat memengaruhi 20 persen dari total angka yang ada. Gangguan ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan waktu terjadinya berbeda-beda. Biduran dapat menyerang bagian lengan, punggung, dan telapak kaki, meskipun beberapa bunda lainya juga tercatat mengalaminya pada kaki.

lalu, apa penyebab dari biduran yang terjadi pada bunda, mungkin saja bunda mengalami:

  • Alergi

Penyebab paling umum dari biduran pada bunda adalah reaksi alergi. Meski bunda belum pernah mengalami alergi sebelumnya, perubahan hormonal dapat membuat tubuh lebih sensitif, karenanya bunda perlu beradaptasi dengan sesuatu yang baru. Beberapa penyebab alergi yang menimbulkan biduran pada bunda, antara lain debu, serbuk sari, gigitan serangga, bahan kimia, serta obat-obatan.

  • Infeksi

Infeksi juga dapat menjadi salah satu penyebab biduran. Masalah yang disebabkan oleh bakteri atau virus ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh rusak untuk sementara. Hasilnya, biduran dapat terjadi pada bunda yang mungkin saja disertai alergi lainnya. Infeksi juga bisa terjadi saat bunda baru saja melahirkan yang akhirnya memicu biduran.

  • Masalah pada Hati

Hati adalah salah satu organ yang bekerja keras saat hamil. Saat melahirkan, mungkin saja hati menjadi lambat untuk melakukan fungsinya seperti menyaring racun dan sampah dari darah. Saat terjadi, enzim hati mungkin saja tidak seimbang yang menimbulkan biduran dan masalah kulit lainnya. Masalah ini juga dapat disebabkan limbah yang terkumpul di dalam darah akibat hati tidak menyaring dengan bersih.

biduran yang terjadi pada bunda bukan hanya akibat masalah fisik, tetapi juga bisa menimbulkan masalah mental dan emosional, yang tentu saja dapat mempengaruhi sistem kekebalan. Memang, ada banyak hal yang perlu dihadapi dan banyak perubahan yang terjadi sehingga bunda perlu membiasakan diri. Beberapa masalah mental dan emosional yang dapat menyebabkan masalah ini adalah cemas, depresi, stres, kurang tidur, serangan panik, dan lainnya.

Jika bunda mengalami biduran yang kerap kambuh, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan guna memastikan penyebabnya. Dengan begitu, langkah penyembuhan yang paling tepat bisa dilakukan agar masalah ini selesai dan tidak kambuh lagi. Rasa gatal yang timbul akibat biduran perlu diatasi agar aktivitas harian tidak terganggu.