Beranda Kehamilan Manfaat Menulis Diary Kehamilan Bagi Kesehatan

Manfaat Menulis Diary Kehamilan Bagi Kesehatan

Kehamilan adalah momen berharga bagi para perempuan, terutama bagi bunda yang sudah menunggu lama, untuk mendapatkan kesempatan mengandung. Bunda dapat merekam setiap momen berharga dalam fase kehamilan yang dilalui melalui menulis diary kehamilan. 

Bunda ingin tahu tidak, apa saja keuntungan bagi bunda yang menulis diary selama kehamilan? Yuk bunda, simak artikel berikut ini.

Manfaat Menulis Diary di Masa Kehamilan

Kebanyakan diary yang ditulis bunda, mungkin tentang perubahan fisik yang bunda alami. Akan tetapi dalam diary, bunda dapat menulis tentang kapan pertama kali Si kecil yang ada dalam perut bunda, menendang dan bagaimana perasaan bunda saat itu.

Bukan hanya menuliskan momen penting yang bunda rasakan. Tetapi bunda juga bisa menulis daftar nama, yang kemungkinan akan dipilih untuk menamai Si kecil saat lahir. Dan bunda juga bisa menempelkan foto perkembangan fisik Si kecil dalam kandungan dari hasil USG. Bunda juga bisa menggunakan diary kehamilan untuk mencatat tentang vaksin apa saja yang bunda butuhkan selama masa kehamilan dan kapan vaksin diberikan sehingga kandungan bunda dapat terjaga.

Diary yang bunda tulis bukan hanya berfungsi sebagai dokumentasi masa kehamilan, menulis diary juga punya manfaat bagi kesehatan lo bunda, diantaranya:

  • Mengurangi tingkat stres

Kehamilan adalah masa yang rentan bagi bunda untuk mengalami stres. Pemicunya bukan hanya perubahan bentuk tubuh dan emosi. Tetapi juga adanya ketakutan berlebihan, seperti bunda takut mengalami keguguran, takut melahirkan, takut merawat bayi, hingga tertekan dengan pekerjaan.

Melalui menulis diary, bunda dapat menulis kegelisahan yang bunda alami dan bagaimana cara bunda melalui masalah atau kegelisahan tersebut. Dan diharapkan dengan kegiatan menulis ini, rasa stres bunda dapat mereda.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Masa kehamilan adalah masa yang rentan bagi bunda terkena penyakit, jika bunda merasa stres. Rasa stres yang bunda alami dapat berpengaruh pada imunitas tubuh bunda. 

Dengan bunda menulis diary tentang masa kehamilan bunda, bunda bisa mencatat kebiasaan apa saja yang harus dihindari atau apa kebiasan baru yang baik, di masa kehamilan bunda. Sehingga stres yang bunda alami dapat reda dan secara tidak langsung akan berpengaruh pada peningkatan imunitas bunda.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Mungkin bunda bertanya, apa hubunganya menulis diary dengan tidur cepat?. Kekhawatiran yang bunda alami selama masa kehamilan dapat menyebabkan bunda susah tidur. Dengan menuangkannya dalam diary bunda dapat membuat rasa khawatir yang bunda rasakan lebih ringan. Sehingga bunda dapat tidur lebih cepat bahkan membantu bunda yang mengalami morning sickness.

  • Lebih mudah menjalani waktu-waktu sulit

Menulis semua peristiwa yang bunda alami selama kehamilan bisa membantu bunda untuk menghadapi dan memulihkan diri bunda dari apa yang terjadi.

  • Siap menghadapi persalinan

Dengan merekam semua perkembangan Si kecil dalam kandungan melalui menulis diary. Bunda bisa membuat rencana persalinan yang diinginkan dan dapat membicarakannya ke dokter kandungan. Sehingga mental bunda saat menghadapi masa persalinan semakin kuat.

  • Memiliki kenangan

Dengan bunda membuat diary kehamilan semasa Si kecil dalam kandungan, bisa menjadi kenangan berharga bagi bunda setelah melahirkan dan bunda bisa menunjukkannya pada Si kecil nanti.

Dalam menulis diary kehamilan tidak ada aturan khusus. Bunda bisa menulisnya secara bebas, sesuai dengan apa yang bunda inginkan bahkan bunda bisa juga menempelkan foto serta bunda bebas menghias diary kehamilan bunda sesuka hati.