Beranda Persalinan Manfaat Vaksin Covid-19 Untuk Bunda Di Masa Menyusui

Manfaat Vaksin Covid-19 Untuk Bunda Di Masa Menyusui

Gerakan vaksinasi COVID-19 terus diserukan, pengadaan vaksin pun ada dimana-mana, mulai di pusat kesehatan masyarakat, pusat perbelanjaan, dan organisasi kemanusian lainya juga turut membantu gerakan vaksinasi ini merata dan mudah diakses baik didesa atau di kota.

Walau penyebaran vaksin kian luas, akan tetapi banyak pertanyaan terutama, seperti amankah vaksin diterima oleh bunda yang sedang masa pemberian vaksin? Adakah pengaruhnya pada ASI yang akan diberikan? Untuk ulasan lebih lanjut bunda bisa simak ulasanya berikut ini.

Perlindungan Untuk Bunda dari Infeksi COVID-19

Saat ini di Indonesia tersedia beberapa jenis vaksin, seperti Sinovac dan Corona Ac dari Cina, vaksin Astrazeneca dari Inggris dan vaksin Pfizer dan Moderna dari Amerika. Dari varian vaksin yang ada, bunda bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk menentukan vaksin mana yang bisa bunda dapatkan sesuai dengan kondisi bunda saat ini.

Setelah tubuh membangun kekebalan yang cukup (dua minggu setelah dosis kedua), tubuh akan memiliki sekitar 94 persen perlindungan terhadap COVID-19. Dan fakta lainnya yang perlu bunda ketahui, saat bunda yang sedang menyusui mendapatkan vaksin memiliki antibodi dalam ASI, yang bisa membantu melindungi bayi. 

Namun, secara keseluruhan vaksin bisa ditoleransi dengan sangat baik dengan efek samping yang minimal. Walaupun dosis kedua vaksin umumnya cenderung menyebabkan efek samping yang lebih berat, seperti kelelahan, nyeri otot, dan demam. Kondisi tersebut biasanya pulih dalam waktu 24-36 jam.

Persiapan Ibu Menyusui Sebelum Mendapatkan Vaksin COVID-19

Sebelum mendapatkan vaksin COVID-19, ada beberapa hal yang harus bunda persiapkan. Terutama tentang berdiskusi terlebih dulu dengan dokter yang mendampingi kondisi kesehatan bunda. Nantinya dokter akan mempertimbangkan apakah bunda dapat menjalani vaksinasi atau tidak. Berikut beberapa hal yang dipertimbangkan:

  • Suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celcius.
  • Tidak demam atau batuk selama tujuh hari terakhir.
  • Tidak melakukan kontak dengan pengidap COVID-19 dalam waktu 14 hari terakhir.
  • Memiliki tekanan darah di bawah 180/110 mmHG.
  • Memiliki hasil skrining kesehatan yang memenuhi syarat.

Jika kondisi bunda memenuhi syarat di atas, dan dokter sudah menyetujui, maka bunda dinyatakan aman dan siap menerima vaksin COVID-19. Ingatlah bunda, proses menyusui bayi bisa terus dilanjutkan setelah bunda mendapatkan vaksin.

Dengan mendapatkan vaksin COVID-19, bunda akan mendapatkan banyak manfaat perlindungan dari penularan virus, atau gejala yang lebih ringan jika terinfeksi COVID-19. Selain itu, manfaat tambahan yang bisa bunda rasakan bahwa antibodi yang didapatkan dari vaksin COVID-19 akan melewati ASI dan bisa memberikan perlindungan bagi bayi yang disusui juga. Jadi jangan lupa untuk vaksin dan gunakan masker serta lakukan protokol kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga.