Beranda Konsepsi Memahami Pengaruh KB Terhadap Kepadatan Tulang

Memahami Pengaruh KB Terhadap Kepadatan Tulang

Penggunaan KB bukan hanya berdampak pada kesuburan saja loh bunda, alat kontrasepsi juga memiliki efek samping yang berbeda-beda, tergantung pada jenisnya. Salah satunya dampak yang dikhawatirkan adalah efek samping pada penurunan kepadatan tulang. 

Sebelum bunda khawatir secara berlebihan atau merasa takut, bunda bisa baca penjelasanya dibawah ini sebagai informasi lebih lanjut. Yuk disimak bunda.

Alasan KB Dapat Mempengaruhi Kepadatan Tulang

Alat kontrasepsi yang mana sih, sehingga mempengaruhi kepadatan tulang? Jawabanya adalah pil KB dan suntik KB. Kedua jenis kontrasepsi ini berisi hormon progesteron seperti medroxyprogesterone acetate

Hormon progesteron bisa menurunkan hormon estrogen yang berperan penting untuk mempertahankan kadar mineral tulang atau kepadatanya, apalagi bunda menggunakan dua jenis kontrasepsi ini dengan waktu yang lama. Akan tetapi, bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena pil dan suntik KB tidak sampai menyebabkan patah tulang.

Solusi Penggunaan Alat Kontrasepsi yang Aman untuk Tulang

Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk menghindari kepadatan bunda menurun. Seperti penggunaan pil dan suntik KB hanya 2 tahun, lalu bunda bisa memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan pastinya kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang bunda.

Program KB dilakukan guna mencegah kehamilan, namun sebaiknya bunda dan pasangan disarankan, untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu, sebelum memilih mana kontrasepsi yang tepat untuk digunakan