Beranda Kehamilan Mengapa Kadar HB Rendah Saat Hamil?

Mengapa Kadar HB Rendah Saat Hamil?

Ada banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kadar Hb pada bunda yang tengah mengandung. Berikut yang perlu bunda ketahui penyebab rendahnya kadar HB saat bunda hamil.

Berbagai Penyebab Hb Rendah pada Ibu Hamil

Terjadinya penurunan Hb memang rentan dialami oleh wanita hamil. Jika kondisi ini terus terjadi akan menimbulkan masalah kesehatan dan keluhan yang tidak nyaman pada bunda. Ada baiknya bunda melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada komplikasi pada kehamilan, serta mendeteksi adanya masalah pada janin.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan rendahnya Hb pada wanita hamil, diantaranya:

  • Kekurangan Gizi

Kurangnya asupan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 dalam jumlah yang tinggi, bisa mengakibatkan bunda memiliki Hb yang rendah. Ketiga nutrisi ini dibutuhkan untuk membutuhkan sel darah merah. Jika asupan nutrisi ini kurang, bisa jadi bunda tidak menerapkan pola makan sehat selama hamil.

  • Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Rendahnya kadar Hb pada bunda juga bisa menjadi pertanda kondisi medis tertentu, seperti thalassemia, kondisi kelainan genetik yang menyebabkan sel darah merah menjadi lebih cepat mengalami kerusakan. Tentu saja, ini mengakibatkan bunda mengalami penurunan sel darah merah dan kadar Hb dalam darah.

Sayangnya, saat ini belum ada cara yang tepat untuk menangani thalassemia. Biasanya, hanya dilakukan transfusi darah secara rutin, operasi pengangkatan limpa, dan transplantasi sumsum tulang. Ada pula faktor medis lainnya, seperti mengalami pendarahan ketika hamil, menjalani kehamilan di usia yang terbilang masih terlalu muda, kehamilan yang terjadi dalam waktu berdekatan, hingga muntah berlebihan.

Lalu, Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mencegahnya?

Nah, untuk meningkatkan kadar Hb bunda agar tetap normal selama kehamilan, bunda bisa mencoba cara berikut ini”

  • Mengkonsumsi Makan Bergizi

Cukupi kebutuhan makanan bunda dengan gizi seimbang. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan  zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Jadi, bunda bisa mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan tiga nutrisi penting ini.

  • Cukup Istirahat

Masa kehamilan memang cukup melelahkan, sehingga bunda perlu menghindari aktivitas berat. Pastikan bunda cukup istirahat, ya. Bukan hanya masalah tubuh bunda, kelelahan juga berdampak negatif pada kehamilan.

  • Konsumsi Suplemen

Jika diperlukan, bunda bisa menambah asupan nutrisi yang diperlukan dengan mengkonsumsi suplemen tambahan. Tapi ada baiknya bunda konsultasikan tambahan kebutuhan suplemen ini pada dokter ya. Agar bunda menggetahui suplemen apa yang bunda butuhkan sesuai dengan kebutuhan bunda.

Penting juga untuk selalu terhubung dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan. Jangan lupa untuk memeriksakan kandungan secara rutin ya bunda.