Beranda Keluarga Mengenal Manfaat Support System Untuk Pengembangan Diri

Mengenal Manfaat Support System Untuk Pengembangan Diri

Apa sih support system itu? Apakah sudah ada yang pernah mendengar istilah ini?. Support system dapat dikenal juga dengan artian sistem pendukung sosial, orang-orang yang berada pada lingkaran sistem pendukung sosial ini, menjadi tempat bagi kamu untuk menyampaikan keluh kesah dan tempat mendapatkan bimbingan. Tetapi bukan sembarang orang yang dapat menjadi support system kamu ya, mereka haruslah orang-orang yang kamu percayai untuk menyimpan semua cerita.

Support system dapat menjadi komponen penting dalam sebuah hubungan yang solid serta membentuk kesehatan psikologis yang kuat. Orang-orang yang menjadi support system kamu, ialah mereka yang menjadi tempat pertama kali kamu temui ketika menghadapi sebuah krisis pribadi dan sesegera mungkin kamu membutuhkan bantuan. Tidak berhenti disana, seorang support system juga memainkan peran penting dalam cara kamu perilaku di dalam kehidupan sehari-hari, hal ini memiliki tujuan baik, karena untuk pengembangan diri sendiri.

Pentingnya Memiliki Support System yang Kuat

Mungkin para psikolog dan para profesional kesehatan mental pernah berpendapat bahwa, support system yang kuat merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Mereka kan merekomendasikan kamu jika kamu dalam sebuah krisis untuk bersandar pada teman atau keluarga. Hal tersebut menunjukan bahwa ada hubungan yang kuat antara hubungan sosial dan berbagai aspek kesehatan serta kesejahteraan.

Akan tetapi, hal buruk juga bisa menimpa seseorang jika salah memilih support system, mereka yang salah memilih akan terikat dengan depresi dan kesepian. Hal tersebut ditunjukan dalam resiko depresi, bunuh diri, kecanduan alkohol serta obat terlarang, bahkan penyakit kardiovaskular serta perubahan fungsi otak.

Mengingat pentingnya support system bagi diri kita untuk kesehatan, kamu harus pandai membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang yang berada di sekitar kamu

Cara Support System Mendukung Pengembangan Diri

Ketika kamu sudah paham tentang pentingnya support system bagi diri sendiri, dan support system juga dapat menjadi tempat kamu untuk pengembangan diri. Hal tersebut dapat dilihat melalui pilihan dan perilaku positif yang kamu tunjukan.

Hal ini dapat dilihat melalui partisipasi dalam kelompok sosial yang memiliki pengaruh normatif pada perilaku. Mereka dapat mempengaruhi seseorang untuk menjalankan gaya hidup sehat, selain itu mereka juga dapat mendorong kamu agar lebih disiplin, sabar, teliti dan lain sebagainya untuk pengembang diri. Jika support system tidak menunjukan dukungan yang seperti itu, maka dampak yang akan kamu rasakan adalah kamu akan merasa sulit untuk meraih kesuksesan. 

Ingatlah, support system tidak hanya mendorong kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih positif, tapi mereka juga membantu kamu untuk menjaga kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Jika kamu tahu, kalau stres dapat menurunkan sistem imun, bahkan kamu juga bisa beresiko untuk memiliki penyakit jantung. Jika kamu berada di tengah-tengah orang yang sangat peduli dan suportif, mereka dapat membantu kamu untuk menghadapi masalah.

Itulah pentingnya support system bagi diri kita, jadi ingatlah untuk meluangkan sebatian waktu kamu untuk bersama orang-orang yang kamu percayai.