Beranda Kehamilan Mengetahui Tanda Kurang Gizi Selama Hamil

Mengetahui Tanda Kurang Gizi Selama Hamil

Kekurangan gizi bukanlah hal yang baik, apalagi bunda mengalaminya dimasa kehamilan. Keadaan ini tidak bisa dianggap remeh, karena bisa membahayakan kesehatan bunda dan Si kecil yang ada di dalam kandungan.

Untuk mengatasi kekurangan gizi di masa kehamilan bunda, bunda perlu mengetahui apa saja penyebab dari kurangnya gizi selama masa kehamilan melalui pembahasan berikut.

Tanda Bunda Kekurangan Gizi

Masalah kekurangan gizi pada ibu hamil, umumnya terjadi akibat nutrisi yang tidak tercukupi dengan baik. Bunda mengalami pola makan yang buruk, merasakan mual dan muntah yang berlebihan atau juga dikenal dengan hiperemesis gravidarum. Pengaruh hamil di usia muda serta kesulitan finansial maupun kondisi rumah tangga yang tidak mendukung, merupakan salah satu penyebab bunda mengalami masalah gizi.

Bunda harus memperhatikan setiap perubahan yang tidak wajar pada tubuh bunda. Jika bunda mengabaikan tanda yang ditunjukan, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan bunda dan juga Si kecil yang ada di dalam kandungan. Berikut tanda bunda mengalami kekurangan gizi selama masa kehamilan yang perlu bunda ketahui:

  • Berat Badan Tidak Bertambah

Idealnya saat hamil, bunda akan mengalami pertambahan berat badan. Hal ini tunjukan dari lingkar lengan atas bunda. Jika lingkar lengan atas bunda kurang dari 23.5 cm, bunda bisa masuk pada kategori kurang gizi. Kemungkinan nutrisi yang bunda butuhkan tidak tercukupi. 

  • Anemia

Anemia yang terjadi pada bunda akibat kurangnya zat besi dan asam folat, yaitu nutrisi penting pembawa oksigen keseluruh tubuh bunda dan juga membawa oksigen untuk Si kecil dalam kandungan. Saat bunda mengalami anemia, biasanya bunda akan cepat lelah, sesak napas, sering merasa pusing, jantung berdebar, sulit berkonsentrasi dan bunda memiliki kulit, bibir dan kuku yang pucat.

  • Masalah Psikologis

Kurangnya asupan asam lemak omega-3 selama masa kehamilan bunda, dapat menyebabkan bunda merasa depresi. Misalnya bunda merasa sedih, tidak berharga, dan merasa bersalah maupun tidak dapat mengontrol emosi.

  • Mudah Sakit 

Kurangnya gizi yang bunda alami dapat membuat bunda rentan akan penyakit, seperti bunda terserang, virus, bakteri, jamur ataupun parasit. 

Jadi pastikan asupan nutrisi bunda selama masa kehamilan terpenuhi dengan baik ya. Bunda juga jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan agar mendapatkan perawatan yang tepat.