Beranda Anak Mengetahui Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

Mengetahui Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

Apakah Bunda tahu, ada banyak sekali alasan untuk menerapkan pola makan yang sehat bagi Si kecil sejak dini, alasan utama dari menerapkan pola makan yang sehat adalah untuk mendukung daya tahan tubuhnya yang masih rentan. Bukanya hanya daya tahan tubuh mereka, tetapi juga perkembangan dan kecerdasan Si kecil, Bunda Ingin tahu bagaimana cara membentuk pola makan anak yang sehat? 

Berikut tips bentuk pola makan sehat untuk si kecil, diantaranya:

  1. Ajak Si Kecil Berbelanja

Hal pertama yang dapat Bunda lakukan adalah mengajak Si kecil untuk berbelanja bahan makan. Melalui aktivitas berbelanja bersama ini, Bunda dapat memperkenalkan jenis-jenis makanan sehat kepada Si kecil. Tak hanya memperkenalkan makanan sehat, Bunda juga dapat menunjukan Si kecil tentang jenis, bentuk, warna, serta tekstur makanan sehat secara langsung. Dengan damikian cara ini dapat menjadi salah satu jalan yang bisa dijadikan jalan Si kecil meningkatkan rasa ingin tahu tentang makanan sehat. 

  1. Jelaskan Pentingnya Makanan Sehat

Kegiatan seru lainya yang dapat Bunda lakukan dengan Si kecil adalah mengajaknya menyajikan makan bersama di dapur. Melalui kegiatan ini Bunda dapat memberitahu ia tentang jenis dan nutrisi yang akan dimakan. Bunda juga dapat menjelaskan tentang manfaat dari makanan yang akan ia makan. Melalui ini, Si kecil dapat belajar konsep makan sehat sejak ini. 

Lalu bagaimana Si kecil dapat dengan mudah memahaminya, yang perlu Bunda lakukan adalah dengan berkomunikasi atau berbincang dengan cara yang sederhana, salah satu contohnya Bunda dapat mengatakan,”Hari ini adik akan makan buah pepaya, supaya buang air besarnya lancar, ya”.

  1. Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Mengenalkan berbagai rasa kepada Si kecil memang hal yang wajar, terutama memberikan rasa baru dari masakan cepat saji. Akan tetapi, apakah makanan cepat saji dapat menjadi salah satu alternatif menu utamanya jika Si kecil tidak ingin makan? Jawabnya tidak, apakah Bunda tahu, bagi anak yang telah merasakan makanan renyah, manis, serta asin akan menjadi sulit untuk melarang mereka untuk memakannya. Hal yang perlu Bunda lakukan adalah membatasi dan mengendalikan jumlah yang akan ia makan, seperti menerapkan jadwal atau tanggal tertentu kapan ia bisa makan makanan cepat saji tersebut. 

  1. Sediakan Pilihan Makanan yang Sehat

Trik selanjutnya yang dapat Bunda terapkan adalah dengan memberikan Si kecil beberapa pilihan makanan sehat yang akan ia makan. Caranya, Bunda dapat memasangkan makan sehat dengan makanan kesukaanya. Misalnya, Bunda dapat tanyakan Si kecil buah apa yang ingin ia makan. Dengan demikian, Si kecil tidak akan kehilangan nafsu makanya.

  1. Beri Contoh yang Baik

Trik terakhir yang dapat bunda terapkan kepada Si kecil dengan memberikan contoh. Karena bayi adalah peniru yang ulung makan bunda dapat menjadi role model untuk sang buah hati, dengan memberikan contoh konsep makan sehat. Seperti bunda dapat memilih makanan sehat di depan Si kecil serta tunjukan padanya jika makanan sehat itu enak dan memiliki banyak manfaat.

Bunda jadilah contoh terbaik baik bagi Si kecil dalam mengajarkan pola makanan sehat sejak dini, dan hal yang perlu bunda tahu daripada melarang mereka lebih baik memberikan batasan kepada Si kecil.