Beranda Konsepsi Pakai Pil KB Kok Bisa Hamil?

Pakai Pil KB Kok Bisa Hamil?

Mungkin bunda sudah sering mendengar, bahwa pil KB memiliki keberhasilan yang tinggi dalam mencegah kehamilan. Tetapi masih ada kemungkinan loh bunda mengalami kehamilan, apalagi saat bunda tidak menggunakan pil KB secara teratur dan tidak sesuai dengan petunjuk penggunaannya. 

Selain penyebab diatas, masih ada penyebab lainnya yang memungkinkan bunda hamil saat masih mengkonsumsi pil KB, apa saja itu? bunda bisa cari tahu dari artikel berikut.

Pil KB

Pil KB atau alat kontrasepsi oral ini merupakan alat kontrasepsi yang digunakan dengan cara diminum. Dimana pil KB mengandung hormon sintetis yang berguna untuk mencegah terjadiya kehamilan. 

Pil KB sendiri memiliki dua macam jenis, ada pil kombinasi dan pil mini, lalu apa bedanya? Kalau pil kombinasi mengandung dua hormon, yaitu estrogen dan progesteron. Sedangkan pil mini hanya mengandung hormon progestin atau hormon progesteron sintetik.

Apakah bunda tahu, jika pil KB memiliki berbagai cara untuk mencegah atau menunda terjadinya kehamilan dengan:

  • mencegah terjadinya ovulasi setiap bulannya
  • membuat leher rahim atau serviks memproduksi lendir yang lebih kental dan tebal agar sperma tidak mudah masuk ke dalam rahim
  • Membuat lapisan dalam dinding rahim menjadi lebih tipis, sehingga embrio atau bakal calon janin tidak bisa menempel setelah terjadinya pembuahan

Keberhasilan pil KB dalam mencegah terjadinya kehamilan sekitar 92-99 persen. Walau demikian, resiko bunda mengalami kehamilan tetap ada saat menggunakan pil KB.

Penyebab Terjadinya Kehamilan Saat Menggunakan Pil KB

Jika bunda tidak membaca seluruh petunjuk penggunaan dengan cermat, mungkin proses pembuahan bisa saja terjadi. Berikut ini adalah beberapa hal yang memungkinkan bunda tetap beresiko hamil walau mengkonsumsi pil KB, diantaranya:

  • Tidak Dikonsumsi Tepat Waktu

Ketepatan adalah cara kerjanya, maksudnya adalah, bunda harus meminum pil KB pada jam yama di tiap harinya, jika tidak resiko kehamilan bisa terjadi. Karena pil KB yang bunda minum dirancang untuk mempertahankan kadar hormon secara konsisten dalam tubuh

  • Cara Penyimpanan yang Salah 

Agar pil KB bisa bekerja dengan efektif, bunda harus menyimpanya pada suhu kamar. bunda juga perlu menyimpanya dalam kemasan aslinya, bukan pada wadah dan di tempat yang lembab seperti kamar mandi. Kalau pil KB telah keluar dari bungkusnya bunda harus segera meminumnya. 

  • Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol sendiri tidak mempengaruhi kinerja pil KB, tetapi jika bunda mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat  bunda mabuk dan lupa untuk meminum pil KB. Dengan demikian efektivitasnya bisa berkurang. 

  • Muntah Setelah Mengkonsumsi Pil KB

Jika bunda mengalami mual dan muntah setelah 3 jam minum pil KB, hal ini bisa membuat tubuh bunda belum memiliki cukup waktu untuk menyerap hormon yang terkandung dalam pil KB. Bukan hanya muntah, jika bunda mengalami diare lebih dari 48 jam, pil KB yang bunda konsumsi tidak efektif.

  • Mengkonsumsi pil KB bersamaan dengan suplemen lain

Ada beberapa jenis obat dan suplemen yang bisa mengganggu cara kerja pil KB yang bunda minum, diantaranya adalah antibiotik, obat anti tuberkulosis rifampisin, obat penenang, obat epilepsi, obat HIV. 

Lakukan Hal Ini jika Hamil Saat Minum Pil KB

Jika bunda menemukan tanda-tanda kehamilan pada tubuh bunda, bunda bisa melakukan tes kehamilan dengan test pack. Saat hasilnya menunjukan positif segeralah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Biasanya dokter akan meminta bunda untuk berhenti untuk mengkonsumsi pil KB dan menggantinya dengan vitamin prenatal, untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan Si kecil dalam perut bunda. 

Bunda tidak perlu merasa khawatir tentang efek pil KB pada kondisi janin, karena pil ini sendiri tidak membahayakan kandungan bunda, asalkan bunda segera menghentikan penggunaannya.

Cara Menjaga Efektivitas Pil KB

Bila bunda memiliki jadwal yang padat dan terkadang lupa untuk mengkonsumsi pil KB, berikut ini cara yang bisa bunda lakukan:

  • Membuat alarm pengingat di ponsel
  • Meminum pil KB saat melakukan aktivitas rutin, misalnya saat bunda makan siang atau makan malam
  • Saat bunda lupa selama 2 hari berturut-turut atau lebih, gunakan kondom saat berhubungan seksual atau bunda bisa menunggu selama satu minggu hingga satu bulan untuk tidak berhubungan seksual
  • Konsultasi ke dokter, karena ada kemungkinan bunda mengulang minum pil KB dari awal