Beranda Konsepsi Penggunaan Alat Kontrasepsi Sebabkan Kanker Payudara, Benarkah?

Penggunaan Alat Kontrasepsi Sebabkan Kanker Payudara, Benarkah?

Bagi bunda yang telah menikah dan sedang menunda kehamilan pasti akan memilih alat kontrasepsi sebagai cara penunda kehamilan. Banyak sekali alat kontrasepsi yang bisa bunda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika bunda bisa pilih alat kontrasepsi yang tepat, maka tidak akan berdampak pada kesehatan bunda.

Lalu apa yang terjadi jika bunda salah pilih alat kontrasepsi? Lalu jika salah pilih adakah pengaruhnya dengan kesehatan bunda?, Yuk bunda, simak ulasan berikut untuk tahu lebih lanjut. 

Hubungan Antara Kontrasepsi dengan Kesehatan

Banyak sekali jenis alat kontrasepsi yang ada saat ini. Mulai dari yang alami, seperti kalender masa subur dan menyusui. Serta alat kontrasepsi yang permanen seperti tubektomi dan vasektomi. 

Tapi bukan hanya itu saja kok, ada juga jenis kontrasepsi penghalang fisik, seperti kondom dan juga alat kontrasepsi hormonal, yaitu pil KB, KB suntik, IUD yang juga dikenal dengan istilah spiral.

Lalu apakah kaitan kesehatan bunda dengan alat kontrasepsi? Ada kemungkinan munculnya kanker payudara, jika bunda menggunakan kontrasepsi jenis hormonal. Ada hal yang perlu bunda ketahui, bahwa kemunculan kanker payudara bukan hanya karena penggunaan kontrasepsi hormonal. 

Kanker payudarah sendiri, tidak begitu saja muncul karena penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perempuan bisa berisiko mengalami kanker payudara, seperti usia, faktor kesehatan secara umum, memiliki kanker payudara sebelum penggunaan alat kontrasepsi, dan memiliki gaya hidup tidak sehat seperti merokok maupun mengkonsumsi alkohol.

Tapi, bagi bunda yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal lebih dari 10 tahun, ada kemungkinan memiliki resiko mengalami kanker payudara. Namun, bunda tidak perlu khawatir kok, dengan bunda sering melakukan pemeriksaan dan menjalani gaya hidup sehat, bunda dapat mengurangi resiko kanker payudara.

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak ditemukan. Penyebab seseorang menderita kanker payudara adalah tumor ganas yang muncul pada jaringan payudara. Sel kanker ini, dapat terjadi pada jaringan lemak payudara, kelenjar susu, maupun saluran susu. 

Ada banyak sekali cara loh bunda, untuk mencegah munculnya kanker payudara. Salah satunya melakukan pemeriksaan sendiri pada payudara, atau bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter. Selain itu ada pula, langkah-langkah yang dapat bunda lakukan untuk mencegah kanker payudara, salah satunya seperti berikut:

  • Menerapkan Pola Makan Sehat

Penerapan pola makan yang sehat merupakan salah satu cara ampuh untuk menghindari kanker payudara. Dengan bunda mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan, baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan perkembangan sel kanker pada tubuh.

  • Rutin Berolahraga

Selain menerapkan pola makan yang sehat, bunda perlu menyeimbanginya dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan berolahraga. Dengan bunda memiliki berat badan yang ideal, bunda bisa terhindar dari obesitas. Karena dari obesitas, kemunculan kanker payudara sering terjadi daripada yang tidak obesitas.

  • Menyusui

Kegiatan menyusui Si kecil yang baru lahir, merupakan kegiatan yang bermanfaat. Bukan hanya kegiatan memberi makan, tetapi dari kegiatan ini bisa jadi salah satu cara terhindar dari resiko kanker payudara loh.

  • Jenis Kontrasepsi untuk Wanita Berusia Lebih dari 35 Tahun

Bagi bunda yang masih memerlukan alat kontrasepsi di usia 35 tahun, bunda perlu menyesuaikan alat kontrasepsi yang tepat. Di usia 35 tahun keatas, ada kemungkinan bunda renatan untuk terserang penyakit yang diakibatkan pemilihan alat kontrasepsi yang tidak tepat. tidak ada salahnya bunda bertanya pada dokter atau bidan, sebelum memutuskan mana alat kontrasepsi yang tepat.

Ada beberapa janis yang baik digunakan oleh bunda dengan usia 35 tahun keatas: 

  • Pil KB
  • Implanon atau Susuk KB
  • IUD atau Spiral
  • sterilisasi

Saat bunda mengalami gejala gangguan seperti perubahan bentuk pada puting, adanya rasa nyeri yang tak kunjung hilang, puting mengeluarkan cairan, puting mengalami pembengkakan, serta adanya kelainan pada kulit sekitar payudara, tidak ada salahnya bunda melakukan pemeriksaan. 

Dan bunda juga bisa memilih alat kontrasepsi yang tepat bagi bunda dan juga pasangan. Bunda bisa melakukan pembicaraan dengan pasangan atau dokter saat memilih, tujuan pastinya untuk perencanaan keluarga bunda.