Beranda Keluarga Penyebab Berat Badan Berubah Setelah Pakai Kontrasepsi Hormonal

Penyebab Berat Badan Berubah Setelah Pakai Kontrasepsi Hormonal

Banyak anggapan bahwa KB baik itu pil atau pun suntik dapat menyebabkan kegemukan pada penggunanya, sehingga banyak ibu yang takut untuk menggunakan alat kontrasepsi tersebut, lalu apakah hal tersebut benar terjadi? 

Macam Kontrasepsi Hormonal

Bukan hanya pil KB dan KB suntik yang menjadi alat kontrasepsi hormonal, jenis lainya seperti IUD dan implan juga memiliki sifat hormonal di dalam pemasanganya. Pengguna IUD dan implan memiliki efektifitas yang lebih tinggi dan mampu melindungi hingga sepuluh tahun.

Setiap alat kontrasepsi hormonal pada umumnya mengandung hormon estrogen dan progesteron yang merupakan hormon sintetik. Akan tetapi, ada juga alat kontrasepsi yang hanya mengandung progesteron, hal ini disebabkan tambahan estrogen didalam tubuh memiliki resiko terganggunya kesehatan. Bagi ibu yang sedang menyusui disarankan untuk memilih alat kontrasepsi yang hanya mengandung progesteron, sehingga tidak menghambat produksi ASI.

Cara Kerja Kontrasepsi Hormonal

Pada dasarnya penggunaan kontrasepsi bertujuan untuk mencegah terjadinya ovulasi. Dengan cara mengubah sifat pada cairan Ms V dan menghambat masuknya sperma ke dalam rahim. Lalu adakah pengaruh dari kontrasepsi hormonal dengan berat badan?

Setiap wanita memiliki efek yang berbeda pada penggunaan kontrasepsi hormonal. Secara, umum tidak ada pengaruh antara pil KB dengan bertambahnya  berat badan. Perubahan berat badan biasanya diakibatkan bertambahnya usia dan kondisi lingkungan serta terbiasanya mengkonsumsi makanan cepat saji. 

Bagi pengguna KB suntik, berat badan kemungkinan terjadi sebanyak 1-2 kilogram per tahun. Pertambahan ini merupakan hal yang wajar akibat bertambahnya usia, akan tetapi wanita yang memiliki masalah overweight, berpotensi mendapatkan tambahan berat badan lebih dari dua kilogram per tahun. Tetapi ada juga wanita yang tidak memiliki masalah tersebut.

Dua kemungkinan terjadinya penambahan berat badan pada wanita akibat kontrasepsi hormonal. Pertama kemungkinan internal, seperti riwayat obesitas pada keluarga, sedangkan pada faktor eksternal akibat kandungan hormon pada alat kontrasepsi.

Tingginya kadar estrogen pada kontrasepsi dapat menyebabkan pengendapan lemak pada jaringan tubuh. Sementara progesteron dapat merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus, sehingga akseptor makan lebih banyak dari biasanya. Tak hanya itu, progesteron mempermudah penumpukan karbohidrat dan gula menjadi lemak. Bunda tidak perlu khawatir, karena wanita asi umumnya tidak mengalami kenaikan berat badan selama menggunakan KB suntik.

Tips Agar Berat Badan Tidak Terus Bertambah

Melalui penjelasan yang telah disampaikan, ada banyak alasan Bunda memiliki kenaikan berat badan. Untuk menjaga angka berat badan mu di angka ideal, Bunda dapat mulai untuk menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makan bergizi, hindari makanan tinggi akan gula dan lemak, melakukan olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup juga salah satu cara untuk menjaga berat badan.

Terjadinya meningkatan nafsu makan tidak akan menyebabkan terjadinya kegemukan, asalkan Bunda mengkonsumsi makan sehat dan makan pada porsi yang tepat. Penumpukan lemak pada tubuh tidak akan terjadi jika Bunda rajin berolahraga, selama Bunda melaksanakan pola hidup sehat maka, kenaikan berat badan tidak akan terjadi saat Bunda tengah menggunakan alat kontrasepsi hormonal.