Beranda Keluarga Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Segudang manfaat yang akan bunda dan keluarga dapatkan saat mengkonsumsi vitamin A, dimana bukan hanya untuk mata, tetapi juga baik untuk kesehatan tulang dan reproduksi. Dimana vitamin A juga mengandung antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan kulit, gigi, jaringan tulang, dan jaringan halus.

Vitamin A bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan, mulai dari buah, sayuran, lauk-pauk, dan suplemen. Mungkin selama ini wortel paling dikenal sebagai sumber makanan yang mengandung vitamin A, padahal ada banyak sumber makanan lain yang kaya akan vitamin A. Apa sajakah itu? berikut ulasanya untuk bunda.

Sumber Hewani dan Nabati

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin A, bunda bisa memperolehnya dari produk hewani dan nabati. Vitamin A yang diperoleh dari produk hewani disebut retinoid sedangkan yang berasal dari produk nabati disebut karotenoid.

Untuk golongan retinoid, hati sapi menempati rangking satu kandungan vitamin A yang paling banyak. Setiap 100 gram hati sapi memiliki lebih dari 4000 mcg RAE (retinol activity equivalent), sebutan untuk unit pengukuran untuk vitamin A. 

Selain hati sapi, berikut sumber makanan lain yang mengandung vitamin A yang berasal dari produk hewani: 

  1. Ikan (salmon, tuna, dan King Mackerel).
  2. Keju.
  3. Udang.
  4. Susu.
  5. Telur.
  6. Hati domba.
  7. Caviar.

Sementara itu, vitamin A yang berasal dari produk nabati atau dikenal dengan golongan karotenoid (betakaroten) adalah:

  1. Ubi Jalar. 
  2. Wortel. 
  3. Kangkung. 
  4. Brokoli. 
  5. Paprika Merah. 
  6. Bayam.
  7. Kale. 
  8. Mangga.
  9. Semangka.
  10. Pepaya.
  11. Jambu.
  12. Aprikot.
  13. Blewah.

Tidak Hanya Mata, Ini Manfaat Vitamin A Lainnya

Tahukah bunda, jika vitamin A juga dipercaya bisa membantu mengatasi glaukoma. Vitamin A juga juga baik untuk mencegah tekanan oksidatif yang bisa menyebabkan perkembangan glaukoma. Karoten, seperti lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalamnya ampuh melawan katarak.

Selain baik untuk mata, berikut ini adalah manfaat Vitamin A yang lain:

  • Pencegahan Kanker

Vitamin A baik untuk membantu mencegah kanker payudara. Tak cuma itu, vitamin A juga baik untuk mengurangi resiko terserang kanker paru-paru dan usus.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin A bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan anak bunda mengalami diare, masalah kulit, dan penyakit infeksi lainnya.

  • Kesehatan Reproduksi

Selain baik untuk sistem imun, vitamin A juga memiliki manfaat istimewa untuk laki-laki dan perempuan.  Untuk perempuan, vitamin A baik untuk mencegah kanker payudara dan membantu pemulihan infeksi vagina. Sementara itu, vitamin A untuk laki-laki berperan dalam meningkatkan jumlah sperma.

Terlepas dari beragam manfaatnya, mengonsumsi terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan pusing, mual, sakit kepala, koma, bahkan kematian. Asupan vitamin A yang tinggi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan cacat lahir pada bayinya. 

Mengonsumsi beta-karoten atau bentuk lain dari provitamin A dalam jumlah tinggi dapat mengubah kulit menjadi kuning-oranye, tetapi kondisi ini tidak berbahaya. Asupan tinggi beta-karoten tidak menyebabkan cacat lahir atau efek lain yang lebih serius yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi vitamin A.