Beranda Keluarga Tips Memilih Kontrasepsi Dengan Baik

Tips Memilih Kontrasepsi Dengan Baik

Sebagian pasangan menginginkan banyak momongan dan sebagian lainya menginginkan jumlah tertentu. Dalam mencegah kehamilan, banyak pasangan menggunakan alat kontrasepsi. Beragamnya jenis alat kontrasepsi membuat pasangan harus mengetahui kebutuhanya.

Alat kontrasepsi dapat dikelompokan sesuai dengan fase jenisnya, yaitu:

  1. Menunda Kehamilan

Di fase ini biasanya alat kontrasepsi digunakan oleh pasangan muda yang menunda kehamilan karena hal tertentu.

  1. Merencanakan Kehamilan

Fase kedua terjadi saat pasangan menggunakan alat kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan dari anak pertama dan kedua. Penggunaan kontrasepsi juga digunakan oleh ibu yang sedang menyusui agar jarak anak kedua berada pada rentang yang ideal.

  1. Tidak Ingin Hamil

Fase yang terakhir, alat kontrasepsi bertujuan untuk menghentikan kehamilan. Pemberhentian ini terjadi karena banyaknya faktor, semisal masalah kesehatan dan bersifat permanen.

Pemilihan alat kontrasepsi perlu dipertimbangakan. Misalnya dinilai dari intensitas hubungan suami istri, jika hubungan suami istri jarang terjadi, mungkin dikarenakan jarak jauh, Bunda dapat menggunakan pil KB atau kondom. 

Berikut adalah alat kontrasepsi yang bisa jisa digunakan sesuai kondisi masing-masing:

  1. Pil KB

Pemilihan pil KB sebagai alat kontrasepsi dapat mengulur waktu datang bulan, selain itu pil KB juga memiliki efek samping yang ringan (sakit kepala ringan dan mual) dan aman dikonsumsi. Tetapi jika Bunda lupa untuk mengkonsumsi pil ini, maka akan meningkatkan terjadinya kehamilan.

  1. KB suntik

Pemilihan suntik sebagai alat kontrasepsi dapat disesuaikan dengan masa menyusui dan hari pertama datang bulan. Namun kekurangan yang dimilikinya adalah menimbulkan flek dan menghentikan menstruasi.

  1. Kondom

Kondom merupakan kontrasepsi yang umum dan mudah untuk didapatkan, selain kemudahanya alat ini juga bisa melindungi pengguna dari penyakit menular akibat seks. Pengguna kondom biasanya adalah laki-lagi, dengan pemasangannya yang tepat makan akan terhindar dari kebocoran.

  1. Intra Uterine Device (IUD)

IUD adalah alat kontrasepsi yang dapat menghalangi sperma masuk kedalam rahim agar tidak terjadinya pembuahan. IUD hanya perlu dipasang sekali dan memiliki efektifitas hingga 10 tahun.

Sebelum Bunda memutuskan alat kontrasepsi mana yang akan Bunda gunakan, sebaiknya Bunda membicarakan dengan pasangan seperti, berapa jumlah anak yang diinginkan, jarak anak pertama dan kedua hal ini bertujuan agar kedua pihak merasa nyaman.