Beranda Anak Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

 Usia 1-2 tahun merupakan masa keemasan untuk anak, didalam 1000 hari kehidupan pertamanya, mereka membutuhkan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya. Setiap orang tua akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati tercukupi dengan baik. 

Rasa keingintahuan Si Kecil yang besar pada momen tersebut, membuat Si Kecil akan melakukan penjelajahan ke berbagai tempat yang bisa dijangkau serta bermain dengan memasukan berbagai benda kedalam mulutnya. Dibutuhkannya pengawasan ekstra Bunda kepada Si Kecil serta membantu ia menjaga kesehatan dengan penerapan gaya hidup sehat.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan anak usia 1-2 tahun yang bisa Bunda terapkan:

  1. Berikan ASI Eksklusif

Kegiatan menyusui merupakan cara luar biasa bagi Bunda untuk memberikan nutrisi alami kepada Si Kecil dan melakukan kegiatan komunikasi serta mempererat ikatan Bunda dan Si Kecil. Kandungan antibodi dalam ASI dapat membantu Si Kecil untuk melawan virus dan bakteri, melalui kandungan tersebut membantu Si Kecil dalam pembentukan kekebalan tubuh yang masih berkembang.

  1. Lakukan Imunisasi

Imunisasi merupakan program vaksinasi yang diberikan kedalam tubuh anak dengan tujuan untuk memberikan kekebalan terhadap tubuh. Pemberian imunisasi pada usia 1-2 tahun kepada Si Kecil wajib dilakukan, dengan pemberian polio, DPT ulangan, MMR (measles, mumps, dan rubella), tifoid, hepatitis A, influenza, varisela, dan pneumokokus. Selain memberikannya imunisasi, Bunda perlu memberikan Si Kecil vitamin untuk menunjang kesehatannya.

  1. Jaga Asupan Makanan Si Kecil

Asupan Si Kecil menjadi kunci penentu dalam mempengaruhi kesehatan, sehingga Bunda perlu memperhatikan serta menjaga makanan yang akan dikonsumsi Si Kecil. Sebenarnya Si Kecil dapat mengkonsumsi makanan keluarga saat usianya sudah mencapai dua tahun, yang perlu Bunda persiakan adalah memberikan banyak sayur, buah-buahan, serta produk gandum untuk menjaga kesehatan Si Kecil, serta hidari memberikannya gula dan makanan yang mengandung lemak jenuh terlalu banyak.

  1. Perhatikan Waktu Tidur Si Kecil

Tidur bukan hanya untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi kegiatan ini juga baik untuk perkembangan tumbuh kembang Si Kecil dengan meningkatkan daya tahan tubuhnya serta tingkat kognitifnya. Bagi Si Kecil yang berusia 1-2 tahun memerlukan  waktu tidur sebanyak 12-14 jam dalam sehari. Hal ini termasuk jumlah jam tidur siangnya, yakni sebanyak 1-3 jam dalam sehari. Sehingga  pastikan Si Kecil mendapat kualitas dan kuantitas tidur yang baik guna tumbuh kembangnya yang optimal.

Kebanyakan anak di usia dini banyak melakukan penjelajahan di sekitarnya. Sehingga  Bunda tidak perlu khawatir jika Si kecil gemar untuk bermain dengan tanah, air dan objek lainnya, dikarenakan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Melalui kegiatanya yang sedang ia jelajahi ini, jangan biarkan Si kecil jatuh sakit karena infeksi akibat bakteri, virus, maupun jamur.  Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajari Si Kecil tentang praktek cuci tangan dan kaki pakai sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan sebelum tidur.