Beranda Keluarga Waspada Bahaya Main Gadget Sambil Berjalan

Waspada Bahaya Main Gadget Sambil Berjalan

Sekarang ini, gadget seperti bagian dari kehidupan, dimana kita berada, kita pergi dan beraktivitas pasti selalu membawa gadget. Pada akhirnya fokus akan menjadi terbelah, pastinya hal ini berbahaya. Kebiasaan buruk ini akan bersifat fatal, karena dapat memicu kecelakaan yang tentunya membahayakan diri sendiri dan juga orang lain

Alasan Bermain Gadget Sambil Berjalan Berbahaya

Saat melakukan aktivitas, pastinya diperlukan konsentrasi penuh, agar terhindar dari kecelakaan atau hal lainya yang membahayakan. Sebaiknya hindari kebiasaan, seperti bermain gadget atau menatap layar handphone terlalu lama saat sedang berjalan.

Kenapa sih bermain gadget sambil berjalan berbahaya? Saat berjalan tanpa bermain gadget, mata akan memiliki pandangan yang lebih luas. Dengan begitu, saat ada bahaya atau gangguan yang dapat menghambat perjalanan, kita akan lebih siap dan sigap untuk menghindari gangguan yang menghalangi jalan.

Namun, penggunaan handphone atau gadget saat berjalan membuat pandangan mata akan lebih fokus pada layar handphone. Kondisi ini membuat kita abai dengan kondisi sekitar.

Menghindari Kebiasaan Bermain Gadget saat Berjalan

Dengan meningkatkan pengendalian diri dan rasa waspada terhadap lingkungan kita bisa memulai untuk menghindari kebiasaan buruk ini. Menjadi pengguna yang bijaksana, dalam penggunaan gadget ketika beraktivitas menjadi kunci utama dalam pengendalian diri 

Jika terdapat keadaan darurat yang mewajibkan penggunaan gadget atau handphone, sebaiknya hentikan berbagai kegiatan yang sedang dilakukan (mengendarai kendaraan atau berjalan) dan menepi pada lokasi yang aman. Saat berjalan menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, kamu juga perlu menggunakannya dalam volume yang rendah.

Cara lain yang bisa dicoba adalah meletakkan handphone di dalam tas yang sulit untuk dijangkau ketika sedang berjalan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kebiasaan bermain gadget saat berjalan.

Bukan hanya dapat membahayakan diri sendiri, terlalu banyak bermain gadget membuat kamu berisiko mengalami kecanduan gadget. Kecanduan gadget menjadi salah satu kebiasaan buruk yang berisiko memicu gangguan kesehatan, loh.

Nyatanya ada berbagai dampak kecanduan gadget pada kesehatan, seperti gangguan mata, gangguan tidur, nyeri pada leher, bahkan obesitas. Bukan hanya pada fisik, kecanduan gadget juga berisiko memicu gangguan kesehatan mental, seperti menjadi lebih mudah panik, stres, sulit konsentrasi, gangguan cemas, hingga depresi. Jadi, mulai sekarang sebaiknya lebih bijak dalam penggunaan handphone maupun gadget agar kamu terhindar dari bahaya dan gangguan kesehatan.